YUTELNEWS.com | Kejadian tebing longsor yang menimpa salah satu rumah warga di kampung ciaul Rt 03 Rw 20 Desa Cisondari kecamatan Pasirjambu kabupaten Bandung.

Kejadian tersebut diakibatkan intensitas hujan deras yang mengakibatkan tebing longsor dan menimpa salah satu rumah warga sehingga dinding rumahnya mengalami jebol, Senin (08/01/2024).

Pada kejadian tebing longsor tersebut tidak memakan korban jiwa yang menimpa 1 kk yang berjumlah dua orang, rumah tersebut yang dihuni keluarga bapak Dede Rukman.

Pemerintah Desa Cisondari beserta masyarakat, satuan Pamong Praja kecamatan, anggota Polsek sudah mengupayakan penanganan akibat tebing longsor tersebut dan membersihkan tanah yang menimpa rumah warga.

Kepala desa Cisondari Dudi Wiwaha menghimbau masyarakat untuk mencegah supaya tidak terjadi bencana tersebut dengan mengupayakan menghindari pembangunan pemukiman di daerah dibawah lereng yang rawan terjadi tanah longsor, mengurangi tingkat keterjangan lereng dengan pengolahan lahan terasering di kawasan lereng, menjaga drainase lereng yang baik untuk menghindarkan air mengalir dari dalam lereng keluar lereng.

Sebagai penanggulangan bencana dihimbau kepada warga masyarakat untuk menjaga lingkungan sekitar,Hindari membuat rumah di pinggiran sungai, melaksanakan program tebang pilih dan reboisasi, dan yang terpenting buanglah sampah pada tempatnya serta rajin membersihkan saluran air.

Kami sebagai pemerintah Desa Cisondari sudah berkoordinasi dan membuat laporan dengan pihak terkait diantaranya BPBD Kab.Bandung, Disperkimtan dan Dinsos untuk penanganan akibat tebing longsor tersebut dan penanganan rumah korban yang tertimpa tanah longsor.” ujarnya.

Rev. Yans.

By Admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You cannot copy content of this page