KIP Aceh Usulkan Anggaran Rp. 132 Miliar Untuk Pemilu 2024

NEWS, PEMERINTAHAN99 Dilihat

Banda Aceh – YUTELNEWS.com | Pada pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024, Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh mengusulkan anggaran senilai Rp132 miliar.

Dalam hal ini, Ketua KIP Aceh Saiful, menuturkan usulan tersebut sudah disampaikan kepada Pemerintah Aceh. Kata dia, di hari ini juga, KIP Aceh akan melangsungkan pembahasan bersama dengan Tim Anggaran Pemerintah Aceh (TAPA).

“Insya Allah pada jam 2 siang ini, kami kembali melakukan pembahasan dengan tim TAPA. Mudah-mudahan hari ini clear terkait anggaran Pilkada Aceh,” ujar Saiful Kamis, 19 Oktober 2023.

Dia menyebutkan, jumlah anggaran yang diajukan kepada Pemerintah Aceh awalnya sebesar Rp145 miliar, Tetapi kemudian direvisi menjadi Rp132 miliar.

Lanjutnya, anggaran untuk Pilkada Aceh pertama diajukan Rp145 miliar, dan terakhir kali di review menjadi Rp123 miliar. Di perubahan pada tahun 2023, Saiful menyebutkan Pemerintah Provinsi wajib mengalokasikan dana untuk Pilkada 40 persen dari total anggaran yang disetujui.

Saiful juga menyatakan, hingga saat ini kesiapan KIP Aceh sebagai penyelenggara untuk  melaksanakan Pilkada 2024. Berbagai persiapan sudah mulai dilakukan, termasuk menyiapkan logistik. “Hari ini yang sudah terdistribusi baru logistik perlengkapan pendukung, seperti bilik suara dan tinta,” sebutnya

Sementara itu,” untuk logistik utamanya seperti surat suara dan formulir, nantinya setelah penetapan Daftar Calon Tetap (DCT) keluar pada November atau Desember,” pungkasnya.

(Kaperwil Aceh – Said Yan Rizal)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *