YUTELNews.com | Dinas koperasi UKMPK Kabupaten Nias melalui Dekranasda gelar Pelatihan Membatik Motif Ornament Nias, bertempat di Aula Paroki Kristus Raja Gido, Hiliweto-Gido.Senin, 30 Oktober 2023

Kepala Dinas Koperasi, Firmina A. Halawa melaporkan bahwa kegiatan ini bertujuan agar dapat menjadi pengrajin yang terampil, handal, menumbuhkembangkan usaha, menjaga keunikan sekaligus kelestarian budaya asli daerah.

Ia menerangkan bahwa sasaran pelatihan ini adalah masyarakat yang berbakat pengrajin sebanyak 10 (sepuluh) orang dimana waktu yang digunakan untuk pelatihan ini berlangsung selama 6 (enam) hari mulai tanggal 30 Oktober s.d. 04 November 2023.

Sementara itu, Wakil Ketua Dekranasda Kabupaten Nias Ny. Marisi Arota Lase mengatakan bahwa dalam kegiatan ini akan diberikan pelatihan mengenai dasar-dasar membatik mulai dari alat dan bahan membatik, persiapan dan pengolahan bahan-bahan yang diperlukan dalam membatik.

Kami berharap kiranya potensi dari dalam diri peserta mampu berkembang sehingga dapat menghasilkan produk yang memiliki daya saing dan memiliki keunikan tersendiri” harapnya.

Dalam sambutannya, Wakil Bupati Nias Arota Lase, A.Md menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan upaya untuk melestarikan, membina dan mendorong potensi seni budaya yang ada di Kabupaten Nias. Ia mengharapkan agar motif ornamen nias tetap terlestarikan sehingga memiliki nilai produk yang tinggi serta memiliki arti sejarah yang akan terus diingat dan tidak mudah terlupakan.

Di sisi lain, produk yang dihasilkan dari kegiatan membatik ini otomatis memberikan dampak yang positif kepada para pengrajin. Selain memberikan perluasan lapangan pekerjaan juga dapat meningkatkan pendapatan bagi pelaku pengrajin itu sendiri,” ungkapnya.

Wakil Bupati Nias berpesan kepada para peserta agar mengikuti pelatihan dengan sungguh-sungguh sehingga dapat memahami teknik membatik yang baik dan benar. Sedangkan kepada narasumber ia meminta agar memberikan totalitas kemampuan dan pengetahuan yang dimiliki sehingga para peserta mampu memahami apa yang disajikan.

“Dengan mengucap syukur kepada Tuhan Yang Maha Kuasa, Pelatihan ini resmi saya buka” tutup Wakil Bupati Nias.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Wakil Bupati Nias, Sekretaris Daerah Kabupaten Nias, Kadis Koperasi UKMPK Kabupaten Nias, Ketua/Wakil Ketua dan Seluruh Jajaran Pengurus Dekranasda Kabupaten Nias, Narasumber Ibu Yuslian Harefa, SKM, dan Seluruh Peserta Pelatihan

(Yunurius zandroto)

By Admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You cannot copy content of this page