YUTELNews.com | Tim pengabdian kepada masyarakat Universitas Malikussaleh yang di Ketuai oleh Dosen Program Studi Agroekoteknologi Dr Nasruddin melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat di Balai Pengajian Sirajul Qalbi Gampong Reuleut Timu Kecamatan Muara Batu Kabupaten Aceh Utara pada Senin (30/10/23).

Kegiatan pengabdian ini dengan tema “Peningkatan Konsentrasi Belajar Santri Balai Pengajian Sirajul Qalbi Gampong Reuleut Timu” telah mulai dilaksanakan pada bulan Septeber 2023 dan akan berakhir pada Bulan November 2023 nanti.

Dasar pengambilan tema seperti ini dilakukan dengan melihat permasalahan yang terdapat di balai pengajian tersebut adalah hanya memiliki satu ruang belajar ukuran 8 x 10 meter yang dipergunakan secara bersama-sama untuk empat kelompok belajar. Proses belajar mengajar dalam satu ruangan pada waktu bersamaan mengurangi tingkat konsentrasi dewan guru dan para santri, sehingga tingkat serapan materi yang diberikan menjadi rendah.

Tim pelaksana pengabdian dalam meningkatkan konsentrasi belajar mengajar ini melakukan kelanjutan pembangunan ruang belajar yang telah digagas sebelumnya oleh masyarakat Reuleut Timu yang pada saat itu pembangunannya baru dalam tahap cor tapak pondasi dan penyedian tulang beton tiang. Selama lebih kurang setahun pembangunan ini telah terhenti akibat kekurangan dana.

Tim pelaksana bekerjasama dengan Geuchik Reuleut Timu Usman AR, Pimpinan Balai Pengajian Tgk Amri dan Ketua Panitia Pembangunan Balai Pengajian Sirajul Qalbi Ruslandani, ST, melakukan kelanjutan pembangunan balai tersebut berupa pengecoran tiang beton, pengecoran lantai dasar dan akan melakukan pengecoran lantai dua sehingga nantinya dapat menjadi ruangan tambahan bagi balai pengajian.

Guna mendukung terlaksana kelanjutan pembangunan ini, masyarakat Reuleut Timu telah menyedekahkan uang atau mewakafkan material, gampong memberi dukungan bantuan dana serta tim pelaksana pengabdian membantu kekurangan dana untuk pembelian material yang dibutuhkan seperti pasir cor, batu bata, semen dan besi.

“Kami telah melaksanakan bantuan material sejak pengecoran tiang beton berupa pasir dan semen, dan alhamdulillah telah terlaksana pengecoran tiang beton untuk penyangga lantai dua, dalam bulan November 2023 ini insya allah dengan dana yang tersedia baik dari tim pengabdian atau dari sedekah dan bantuan masyarakat kami akan membuat cor lantai dasar dan pengecoran lantai dua” ujar Dr Nasruddin Ketua Tim Pelaksana Pengabdian.

Geuchik Reuleut Timu, Usman AR mengucapkan terima kasih atas partisipasi dari tim pengabdian unimal tahun 2023, “Mudah-mudahan apa yang diberikan menjadi manfaat yang sangat baik bagi dewan guru terutama anak-anak yang mengaji ditempat tersebut,” Kata Usman.

Pekerjaan pembangunan telah lama kami rintis sejak tahun 2021 dengan membuat pengecoran tapak balai pengajian, namun terkendala dengan ketidak cukupan dana, saya sedih melihat anak-anak belum bisa belajar dengan baik.

“Alhamdulillah ada kegiatan pengabdian yang dilakukan oleh Pak Nasruddin untuk meringankan beban kami selaku panitia pembangunan balai pengajian ini”.ungkap ketua panitia Ruslandani, ST.

Kami panitia bekerja memikirkan pembangunan ini dan sering kami bergotong royong untuk menyelesaikan pertahap pekerjaan, kami mengharapkan pengecoran lantai dasar dan lantai dua setelahnya akan dapat digunaka untuk kegiatan pengajian anak-anak sambung Tgk Agusni selaku bendahara panitia.

(Azhari)

By Admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You cannot copy content of this page