Forkopimda Jepara Ajak Ormas dan Media Menjaga Kondusifitas Wilayah Jelang Pemilu 2024

NEWS19 Dilihat

YUTELnews.com | Organisasi Kemasyarakatan (Ormas) dan media di Jepara diharapkan ikut berperan aktif menjaga kondusifitas wilayah menjelang pesta demokrasi atau Pemilu 2024.

Hal ini menjadi pesan penting dalam acara Sarasehan Pembinaan Ormas Kabupaten Jepara “Peran Ormas Dalam Menjaga Kondusifitas dan Ikut Mensukseskan Pelaksanaan Pemilu dan Pilkada Tahun 2024” yang berlangsung di Eat and Meet Resto, Desa Bandengan, Senin (30/10/2023) siang.

Kegiatan yang dipandu langsung oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Jepara Edy Sujatmiko itu menghadirkan pembicara dan narasumber Kapolres Jepara AKBP Wahyu Nugroho, Kepala Staf Kodim (Kasdim) 0719/Jepara Mayor Arm. Syarifudin Widianto, dan Kepala Seksi Perdata dan Tata Usaha Negara (Datun) Kejaksaan Negeri Jepara, Sulistiyo Utomo serta Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol), Lukito Sudi Asmara.

Nampak hadir juga Ikrar Setya Dinata Sub Bidang Ormas Bakesbangpol, AKP Aries Sulistiyono, Kasat Intelkam Polres Jepara, Pasi Intel Dim 0719/Jepara, Kapten Inf Dedi Kurniawan, Letda Inf. Devi Norma Jatuindhra Tama, serta beberapa perwakilan Ormas seperti dari GMBI Distrik Jepara Wilayah Teritorial Jawa Tengah, LSM LJM, Formades, GANN, BANN, dan perwakilan Ormas lainnya di Kabupaten Jepara.

“Peran Ormas di Jepara sangat penting untuk menciptakan kondisi aman dan kondusif di Kabupaten Jepara. Dan, peran media diharapkan ikut menghasilkan berita yang positif bukan hoax. Dan menciptakan kerukunan untuk mendukung kinerja pemerintah,” ujar Kasdim 0719/Jepara Syarifudin Widianto.

“Mohon Ormas dan Media di Jepara bisa membantu pemerintah menjelang pesta demokrasi,” katanya.

Sementara, Kasi Datun Kejaksaan Negeri Jepara Sulistiyo Utomo menyoroti bahwa era kebebasan berpendapat tetap harus bertanggungjawab.

“Karena kalau membuat dan menyebarluaskan informasi hoax atau berita bohong, fitnah dan ujaran kebencian bisa dikenakan UU ITE. Jadi peran media baik itu media online, cetak maupun medsos jangan membuat berita yang negatif. Apalagi sekarang menjelang tahun politik. Tentunya peranan Ormas dan Media diharapkan ikut menjaga kondisi aman dan kondusif di wilayah Kabupaten Jepara,” tegasnya.

“Sampaikan kepada masyarakat umum bahwa bisa saja dikenakan ancaman pidana kalau ikut menyebarluaskan informasi fitnah dan hoax,” jelas Sulistiyo Utomo.

Sementara Kapolres Jepara berpesan agar Ormas ikut menjaga kerukunan dan juru damai serta mencegah konflik di wilayah hukum Kabupaten Jepara.

Sekda Jepara, Edy Sujatmiko, dalam kesempatan ini juga menghimbau agar Ormas dan Media membantu pemerintah daerah Kabupaten Jepara menyebarluaskan informasi yang positif menjelang Pemilu 2024.

“Jadi peran serta Ormas dan Media di Jepara sangat kita harapkan agar ikut serta menjaga kondusifitas keamanan dan memberikan informasi yang positif kepada masyarakat,” ujar Edy Sujatmiko.

(SP)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *