YUTELNEWS.com | Forkada se-Kepulauan Nias gelar Rapat Koordinasi Forum Kepala Daerah (Forkada) Se-Kepulauan Nias Tahun 2023 untuk membahas beberapa Agenda Rapat, bertempat di Aula Gido Lantai III Kantor Bupati Nias.Kamis, 9 November 2023.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Bupati Nias, Bupati Nias Utara, Wakil Bupati Nias, Wakil Bupati Nias Utara, Wakil Walikota Gunungsitoli, Wakil Bupati Nias Barat, Sekda Kabupaten Nias, Sekda Nias Selatan, Sekda Nias Utara, Para Asisten/Kepala Badan/Kepala Dinas se-Kepulauan Nias.

Dalam arahannya, Bupati Nias Yaatulo Gulo, S.E., S.H., M.Si selaku Koordinator Forkada se-Kepulauan Nias menyampaikan bahwa Rapat Forkada ini menjadi wadah untuk memikirkan ide dan gagasan serta tindaklanjut dari apa yang kita sepakati.

Hal ini memerlukan kajian dan perumusan yang matang demi memajukan Kepulauan Nias dan melepaskannya dari ketertinggalan” ujarnya.

Adapun Agenda Rapat yang dibahas pada rapat tersebut yaitu Penandatanganan Konsep Keputusan Bersama Kepala Daerah Se-Kepulauan Nias Tentang Pembentukan Forkada Se-Kepulauan Nias. Menanggapi hal tersebut, para Kepala Daerah atau yang mewakili setelah melalui pembahasan menyampaikan bahwa Konsep Keputusan Bersama Kepala Daerah Se-Kepulauan Nias Tentang Pembentukan Forum Kepala Daerah (Forkada) Se-Kepulauan Nias akan ditandatangani oleh Kepala Daerah Se-Kepulauan Nias’

Kemudian, terkait Pendanaan Kegiatan Pemilihan Kepala Daerah Serentak Tahun 2024 disimpulkan bahwa selanjutnya akan dijadwalkan Pelaksanaan Rapat Forkopimda Se-Kepulauan Nias Terkait Pembiayaan Pengamanan dalam rangka Penyelenggaraan Pilkada sebelum Tanggal 18 November 2023. Dimana, Forum Kepala Daerah (Forkada) Se-Kepulauan Nias akan menyampaikan Surat Permohonan Kepada Pemerintah Provinsi Sumatera Utara Terkait Pembagian Pendanaan (Cost Sharing) dan Penggunaan Standar Biaya dalam penyelenggaraan Pilkada sekaligus direncanakan Pertemuan Tatap Muka Langsung kepada Bapak Pj. Gubernur Sumatera Utara pada saat melaksanakan Kunjungan Kerja di Kepulauan Nias.

Agenda selanjutnya yaitu Rencana Pertemuan Forkada Se-Kepulauan Nias dengan Badan Persiapan Pembentukan Provinsi Kepulauan Nias. Oleh karena itu, Forum Kepala Daerah Se-Kepulauan Nias sepakat untuk meminta Laporan Pelaksanaan Kegiatan berupa Laporan Hasil/Progres Kerja dan termasuk di dalamnya Kendala Yang Ditemui serta Langkah-langkah yang diperlukan dalam Pembentukan Provinsi Kepulauan Nias dari Badan Persiapan Pembentukan Provinsi Kepulauan Nias (BPP-PKN).

Selanjutnya, kegiatan dilanjutkan dengan pembahasan tentang Pengendalian Inflasi di Kepulauan Nias. Berdasarkan hal tersebut, Pemerintah Kabupaten/Kota Se-Kepulauan Nias diharapkan untuk dapat melaksanakan operasi pasar sebagai upaya pengendalian inflasi.

Diharapkan, agar Perangkat Daerah yang membidangi urusan Perdagangan dan urusan Pertanian Se-Kepulauan Nias diharapkan agar tetap berkoordinasi dan melaksanakan pertemuan melalui zoom untuk membahas upaya pengendalian inflasi.

Terakhir, Rencana Pembukaan Rute Penerbangan Jakarta-Gunungsitoli (PP) oleh Maskapai Transnusa. Dalam hal ini, Forum Kepala Daerah (Forkada) Se-Kepulauan Nias telah mengirimkan surat permohonan sehingga perlu menunggu Jadwal Audiensi Bersama pihak Maskapai Transnusa dan sepakat untuk turut menghadiri audiensi dimaksud di Jakarta.

(Yunurius zandroto)

By Admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You cannot copy content of this page