YUTELNEWS.com | Menindaklanjuti adanya informasi yang beredar di masyarakat. Bawaslu Rokan Hilir melakukan investigasi terhadap adanya dugaan pelanggaran pemilu dibeberapa titik, Selasa (8/1/202).

Salah satunya yang dilakukan oleh Nurmaidani, S.H anggota Bawaslu Rokan Hilir dan Panwaslu Kecamatan Tanah Putih melakukan investigasi terkait dengan video yang beredar di masyarakat.

Nurmaidani menambahkan bahwa “kami mendapatkan informasi yang beredar di masyarakat adanya video yang diunggah oleh seseorang berinsial F di Media Sosial Facebook yang berisikan pernyataan dari beberapa orang perkumpulan wirid di Masjid Simpang Bukit Timah, Kepenghuluan Rantau Bais, Kecamatan Tanah Putih yang menyatakan dukungan kepada salah seorang Calon anggota DPR RI Dapil Riau I” ungkap Nurmaidani.

Kemudian Srikandi Bawaslu Rohil itu menambahkan“dugaan pelanggaran yang sedang ditelusuri tersebut adalah dugaan pelanggaran pemilu kampanye di rumah ibadah yang merupakan tindakan yang dilarang didalam Undang undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum dan PKPU Nomor 15 tahun 2023 tentang Kampanye Pemilihan Umum jo PKPU Nomor 20 tahun 2023 tentang perubahan PKPU 15 Tahun 2023 dan nantinya hasil investigasi tersebut akan dibawa ke dalam rapat Pleno Bawaslu Rohil untuk selanjutnya apakah akan diregistrasi menjadi temuan Bawaslu Rohil atau tidak” Ungkap Nurmaidani.

Tidak hanya demikian Nurmaidani juga menyampaikan bahwa “Bawaslu Rokan Hilir membutuhkan support dan dukungan dari masyarakat untuk dapat terus melakukan proses penindakan dugaan pelanggaran pemilu. Karena banyak informasi awal yang diterima Bawaslu Rohil yang harus dilakukan penelusuran, mekanisme investigasi tersebut ditempuh Bawaslu Rohil karena tidak adanya laporan yang masuk ke Bawaslu Rohil secara resmi, jadi Bawaslu Rohil melakukan investigasi untuk selanjutnya apakah akan diregistrasi menjadi temuan dan dilakukan langkah langkah penanganan sesuai dengan peraturan Bawaslu” tambah Nurmaidani.

Sementara itu diwaktu yang bersamaan anggota Bawaslu Rokan Hilir Dedi Sibuea sedang melakukan penelusuran terkait video yang juga beredar terkait dukungan beberapa perangkat desa dan Kepenghuluan yang diduga mendukung salah satu Caleg, begitu juga anggota Bawaslu Rokan Hilir Nasrudin diwaktu yang bersamaan melakukan investigasi di Kecamatan Rimba Melintang terkait video yang juga diduga merupakan dugaan pelanggaran pemilu.

Kabiro/Panca Sitepu

By Admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You cannot copy content of this page