YUTELNEWS.com | 80 Peserta DSI dari semua golongan, hari ini dilantik secara langsung oleh Presiden DSI Profesor Sabela Gayo, S.H, M.H, Ph.D, CPM, CPArb, CPL, CPCLE di Aula Laboratorium Kampus IAIN Langsa, Senin (08-01-2024).

Terlihat diantara 80 Peserta DSI tersebut Chaidir Hasballah, SE, CPM,CPArb. Ketua DPW BPI KPNPA-RI Aceh yang juga turut dilantik oleh Presiden DSI Profesor Sabela Gayo, SH., MH., Ph.D, CPM, CPArb., CPL., CPCLE.

Disela kegiatannya Chaidir Hasballah mengatakan, bahwa kegiatan pelantikan hari ini diikuti oleh 80 Peserta DSI dari semua golongan diantaranya ada pengacara, Akademisi, Notaris, Guru Praktisi Hukum, LSM, Birokrat, Perbankan, Aktivis, dan lain sebagainya, kesemuanya itu terbagi dari 67 Mediator, 1 Konsiliator dan 18 Arbiter

Kita semua disumpah/Janji serta dilantik sebagai Mediator, dan Arbitrer yang bersertifikat dan Profesional oleh Presiden DSI Profesor Sabela Gayo, S.H, M.H, Ph.D, CPM, CPArb, CPL, CPCLE serta melakukan penandatangan fakta integritas.

Alhamdulillah hari ini saya sudah dilantik oleh Presiden DSI Profesor Sabela Gayo, S.H, M.H, Ph.D, CPM, CPArb, CPL, CPCLE di dua katagori tersebut yaitu Mediator dan Arbiter, ujarnya.

Dalam bincangnya kepada Media ini Chaidir Hasballah S.E, CPM,CPArb juga mengatakan, bahwa profesi sebagai Mediator, dan Arbitrer merupakan kegiatan memediasi khusus dibidang persengketaan dan Arbitrer ini adalah non hakim pengadilan negeri, khusus membidangi persengketaan perdata ini mengacu kepada Perma Nomor, 1 tahun 2016.

Tugas mediator ini tercantum dalam pasal 14 Nomor 1 Tahun 2016, sementara Abiter mengacu kepada Undang Undang Republik Indonesia Nomor: 30 Tahun 1999 Tentang Arbitrase dan Alternatif penyelesaian sengketa. Terang Ketua DPW BPI KPNPA-RI Aceh Chaidir Hasballah SE, CPM,CPArb.

“Diakhir bincangnya dengan Media ini Chaidir Hasballah SE, CPM,CPArb, juga berharap akan lahir Mediator, Konsiliator dan Arbiter lainnya di Kota Langsa yang berfungsi sebagai penyelesai persengketaan yang terjadi di tengah-tengah masyarakat berkembang di Indonesia saat ini,” jelasnya.

Dalam pantauan awak media YUTELNEWS.com tampak hadir saat pelantikan Rektor Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Langsa Profesor DR Ismail Fahmi Arauf Nasution, MA, Presiden DSI Profesor Sabela Gayo, S.H, M.H, Ph.D, CPM, CPArb, CPL, CPCLE, Forkopimda Provinsi Aceh , Forkopimda Kota Langsa, serta Dekan Fakultas Syariah IAIN Langsa DR. Yasser Amri, M.A,

(Said Yan Rizal)

By Admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You cannot copy content of this page