YUTELNEWS.com |Pasiter Kodim 0819 Lettu Arh A. Nur Hidayat dampingi Dirjen tanaman Pangan kementan RI Dr. Ir. Suwandi, M. Si. tinjau lokasi rumah burung hantu di Desa Sambirejo Kec. Rejoso Kab. Pasuruan. Selasa (09/07/24).

Sebelum melaksanakan Kunjungan lapang Dirjen Tanaman Pangan ini melaksanakan tatap muka dengan para kelompok tani di balai Desa Sambirejo dalam rangka Gerakan Masal Membangun Rumah Burung Hantu, sebagai sarana untuk membantu petani dalam memerangi hama tikus yang diikuti ± 50 orang.

Hadir dalam kegiatan tersebut Dr. Ir. Suwandi, M. Si. (Dirjen Tanaman Pangan Kementrian Pertanian RI), Ir. Dydik Rudy Prasetya, MMA. (Kepala BSIP Jatim Malang), Bapak Hasbullah, Spd. (Asisten Perekonomian dan Pembangunan Kab. Pasuruan), Ir. Lilik, M. MA. (Kadis Pertanian Kab. Pasuruan), Bapak Diky M. Dikman (Kepala BPSIP ruminansia besar Pasuruan), Bapak Arfian Fakhrudin S. I. P. (Camat Rejoso), Lettu Cpl Adia Warman (Danramil 0819/08 Rejoso), Lettu Arh A Nur Hidayat (Pasiter Dim 0819 Pasuruan), Iptu Agung (Kapolsek Rejoso), Hj. Daifah (Kades Sambirejo), Babinsa Koramil 0819/08 Rejoso, Para penyuluh pertanian Kab. Pasuruan dan Perwakilan Pok Tani Ds. Sambirejo.

Dalam sambutannya Ir. Suwandi, M. Si. (Dirjen Tanaman Pangan Kementrian Pertanian RI) mengatakan “Hama Tikus di sektor pertanian memang sangat mengancam para petani. Kebiasaan masyarakat untuk berburu Burung Hantu agar mulai saat ini di sosialisasikan dan di edukasi untuk tidak berburu Burung Hantu dan ekositem yang telah di lindungi pemerintah, karena burung hantu sangat membantu para petani dalam mengatasi hama tikus yang selama ini jadi momok para petani,” Ucapnya

“Dengan adanya burung hantu maka petani sedikitnya dapat terbantu dalam mengatasi hama tikus, dengan rumah burung hantu maka tikus akan terpantau oleh burung hantu dari rumah burung hantu yang ada sehingga dapat menjaga ekosistim pertanian dan para petani dapat melaksanakan panen sesuai dengan harapan dan dapat meningkatkan hasil produksi,” pungkasnya.

Sementara salah satu perwakilan dari kelompok tani mengucapkan selamat datang Bapak Dirjen pertanian Dr.Ir. Suwandi, M.Si beserta rombongan dalam rangka Germas Rubuha.

“Kami selaku kelompok tani selalu berupaya terhadap pembasmian hama tikus,sampai kami pakai berbagai macam cara untuk membasmi namun hama tikus masih tetap saja tidak bisa berkurang.Alhamdulillah berkat ada bimbingan dan arahan dari dinas pertanian khususnya BPP kec Rejoso sedikit mengurangi populasi hama tikus.selanjutnya kami mohon arahan dan petunjuk agar hama tikus segera teratasi dan hasil panen yang baik,” tutupnya.

Selesai tatap muka dengan kelompok tani selanjutnya Dirjen Tanaman Pangan Kementan RI beserta rombongan meninjau lokasi Rumah burung Hantu di area persawahan Desa sambirejo Kec. Rejoso, di dampingi Kadis Pertanian Kab. Pasuruan dan Pasiter Kodim 0819/Pasuruan.

Dalam peninjauan tersebut Dr.Ir.Suwandi ,M,Si bersama kelompok tani mendirikan satu buah rumah burung hantu di area persawahan Desa Sambirejo dengan dibantu babinsa dan Pasiter Kodim 0819/Pasuruan sebagai tanda Gerakan Masal Membangun Rumah Burung Hantu di Kab. Pasuruan.

(okik)

By Admin

You cannot copy content of this page