YUTELNEWS.com | Pelalawan -MUKI (Majelis Umat Kristen Indonesia) mengadakan syukuran satu tahun berdiri berdiri di kabupaten Pelalawan pada tanggal 21 Juli 2023 sampai 21 Juli 2024, Pelaksanaannya tanggal 19 October 2024.

Acara ini dihadiri oleh sejumlah tokoh penting di tingkat kabupaten dan provinsi yang turut serta memberikan apresiasi atas kiprah MUKI dalam memperjuangkan aspirasi umat Kristen di Kabupaten Pelalawan. Sabtu (19/10/2024).

Ps. Betel Harefa, S.Th, Ketua DPD MUKI Kabupaten Pelalawan, menyampaikan rasa syukur dan terima kasih atas kehadiran para tamu undangan serta dukungan yang terus mengalir. Dalam sambutannya, ia berharap MUKI dapat terus menjadi wadah yang memper satukan umat Kristen dari berbagai denominasi gereja di Pelalawan. “Puji Tuhan buat hari ini telah terlaksana acara syukuran MUKI satu tahun di Kabupaten Pelalawan ini. Panitia sudah bekerja keras sampai terlaksana acara ini. Dan Kami KSB pengurus BPH MUKI untuk menjalankan kegiatan berkelanjutan. Kemudian kita menciptakan kerukunan dengan bermitra kepada pemerintah dan kepada organisasi-organisasi yang ada di Kabupaten Pelalawan ini untuk menciptakan keharmonisan dan kerukunan di Pelalawan,” jelasnya.

“Kami terus melakukan kegiatan-kegiatan sosial, dan juga memberikan pembinaan terhadap remaja-remaja dan pembekalan kerohanian serta selalu berkordinasi dengan pendeta-pendeta dalam mewujudkan misi MUKI,” tutur Ps. Betel.

Ketua DPRD Kabupaten Pelalawan, H. Syafrizal. SE, turut hadir dalam acara ini dan menyampaikan dukungan penuh terhadap MUKI sebagai mitra strategis pemerintah dalam menjaga kerukunan umat beragama. “Hari ini kita mengucapkan selamat ulang tahun yang pertama kepada MUKI (majelis umat Kristen Indonesia) Kabupaten Pelalawan semoga makin sukses dan menjaga kerukunan antar umat beragama di Kabupaten Pelalawan. Tentu untuk ke depan MUKI dapat berkonsultasi dengan pemerintah daerah dan dari sisi DPRD tentu bisa membangun hal-hal yang dapat membuat muki semakin sukses. Terutama untuk mendorong terciptanya lingkungan yang kondusif untuk semua komunitas keagamaan,” tuturnya.

Selain itu, Anggota DPRD Provinsi Riau, Monang Eliezer Pasaribu, S.Sos, M.Si, juga memberikan sambutan dan menegaskan pentingnya sinergi antara MUKI dengan berbagai elemen masyarakat dalam menciptakan harmoni sosial. Mengajak MUKI untuk terus terlibat aktif dalam pembangunan sosial dan keagamaan di Riau.

“MUKI ini adalah salah satu organisasi majelis umat Kristen Indonesia yang dapat menjembatani aspirasi umat dan juga antar denominasi gereja kepada pemerintah. MUKI yang terbentuk di Kabupaten Pelalawan telah melakukan beberapa kegiatan dan juga hari ini memberikan santunan kepada janda-janda, atau masyarakat yang susah. Dan berharap MUKI akan terus semakin sukses sebagai wadah pemersatu umat Kristen di Kabupaten Pelalawan,” terangnya.

Kemudian, Lesmar Sinaga, SH. Anggota DPRD Kabupaten Pelalawan, juga turut serta dalam acara ini, memberikan pesan bahwa keberadaan MUKI selama satu tahun ini telah memperlihatkan kontribusi yang signifikan bagi komunitas Kristen di wilayah ini. Kehadiran para pejabat ini menunjukkan bahwa MUKI telah menjadi bagian penting dalam peta sosial keagamaan di Pelalawan.

Acara ini juga dihadiri oleh Pdt. Lukman Situmorang, S.Sos, M.Th, dan para penasehat lainnya serta pengawas MUKI Kabupaten Pelalawan. Lukman mengapresiasi pencapaian yang telah diraih oleh MUKI dalam satu tahun terakhir dan berharap agar organisasi ini terus tumbuh menjadi pelopor kebersamaan dan toleransi antar umat beragama.

FKUB (Forum Kerukunan Umat Beragama) juga memberikan dukungan penuh terhadap acara ini melalui kehadiran Fadil Harahap. Kehadiran perwakilan FKUB ini semakin mempertegas pentingnya kerja sama lintas agama untuk menjaga stabilitas sosial di Pelalawan.

Turut hadir Drs. Sozifao Hia, S.Sos,. M.Si, perwakilan paguyuban PKN, Pdt. Marubun Sinaga, S.Th perwakilan denominasi gereja, juga memberikan dukungan dan apresiasi. Marubun berharap agar MUKI bisa menjadi wadah yang inklusif bagi seluruh umat Kristen dari berbagai latar belakang denominasi di Kabupaten Pelalawan.

Acara ini ditutup dengan doa bersama dan rasa syukur atas satu tahun perjalanan MUKI Kabupaten Pelalawan yang penuh pencapaian. Kemeriahan acara syukuran ini mencerminkan soliditas MUKI sebagai organisasi yang memiliki peran penting dalam mewujudkan toleransi antar umat beragama di Kabupaten Pelalawan.

Junius Zalukhu FRN

By Admin02

You cannot copy content of this page