YUTELNews.com | Peduli mengatasi banjir, kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Rokan Hilir, Suwandi S.Sos didampingi Kabid Pengelolaan Sampah Limbah B3 dan Kapasitas Iswadi S.Sos dan Korlap Saparudin turun langsung memantau pengerjaan normalisasi Parit Jalan Siak Ujung dan Sekitarnya, Senin 23 Oktober 2023.

Hal itu dilakukan kepala DLH untuk memastikan kegiatan normalisasi itu terlaksana dengan baik dan lancar, sehingga genangan air yang ada akibat guyuran hujan mengalir ke sungai.

Menariknya, puluhan tim satgas kebersihan dari DLH itu, selain melakukan secara manual juga menurunkan satu unit alat berat Excavator untuk melakukan normalisasi pengerukan lumpur yang ada di dalam Parit jalan Siak Ujung.

Kepala DLH Kabupaten Rokan Hilir, Suwandi S.Sos, mengatakan bahwa pihaknya juga menindaklanjuti berita yang disampaikan oleh salah satu media bahwasanya ada terjadi genangan air di jalan Siak, Madrasah bahagia dan selamat.

”Jadi setelah kami pantau ke lapangan memang ada genangan air di pemukiman warga, dan di jalan, namun ketinggian airnya tidak seperti yang disampaikan,” Ungkapnya.

Walaupun demikian kata Suwandi, pihaknya tetap menindaklanjuti dengan menurunkan Tim Satgas. Satgas penanggulangan banjir DLH Rohil dengan jumlahnya 80 orang lebih untuk menangani genangan air yang ada di empat lokasi, yaitu, Jalan Siak, jalan madrasah, bahagia, selamat dan jalan Sekip menuju ke jalan sungai pabrik jalan Bulan.

”Kita juga mengerahkan satu unit alat berat Excavator mini untuk melakukan normalisasi parit yang ada di Jalan Siak ini karena jalan Siak ini genangan airnya cukup tinggi, sehingga dengan upaya yang kami lakukan satu dua hari ini insya Allah mungkin Clark dan genangan air di sini bisa berkurang dan masyarakat yang terdampak banjir bisa melakukan aktivitas sehari-hari,” tegasnya.

Disamping itu sebut Suwandi, bahwa pihaknya tidak bosan bosannya untuk menghimbau kepada masyarakat melalui pemerintah setempat, baik itu lurah, Penghulu dan camat agar dapat menggalakkan kembali budaya gotong royong.

Menurut Suwandi, masalah banjir ini masalah kebersihan lingkungan dan bukan semata-mata hanya tanggung jawab pemerintah saja melainkan juga perlu peran serta masyarakat, tampa ada kepedulian dari masyarakat otomatis lingkungan disekitar pemukiman dan masalah masalah lain tidak bisa diatasi.

”Oleh karena itu, perlu kerjasama semua pihak dalam hal mengatasi banjir ini. dan peran serta masyarakat juga kami tuntut bersama pemerintah mengatasi persoalan-persoalan banjir yang terjadi di kecamatan Bangko ini,” Pungkasnya.

(Kabiro Panca Sitepu)

By Admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You cannot copy content of this page