Bupati Rohil Afrizal Sintong SIP. MSI Hadiri Panen Raya Padi Binaan Kodim 0321 Rohil

PEMERINTAHAN46 Dilihat

YUTELNews.com | Guna mendukung ketahanan pangan Nasional, Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) bersama Kodim 0321 Rohil menggelar panen raya padi di areal pertanian Rokan Baru Pesisir, Kecamatan Pekaitan, Rabu (1/11/2023).

Panen raya padi yang mengusung tema “Dengan Panen Raya Padi Kita Tingkatkan Produksi Untuk Mendukung Ketahanan pangan Nasional” itu dilaksanakan secara serentak dan di buka oleh Wakil Presiden RI H. Ma’ruf Amin serta di ikuti Kabupaten/Kota secara Virtual.

Dandim 0321 Rohil Letkol Kav Nugaraha Yudha Perwira Negara S.IP dalam sambutannya mengatakan bahwa panen raya tersebut merupakan misi Negara untuk menjadikan Indonesia sebagai negara Pertanian sehingga dapat mewujudkan ketahanan pangan nasional.

Pemkab Rohil kata Dandim, telah memberikan bantuan berupa mesin tanam dan mesin panen untuk para kelompok Tani yang berada di Kecamatan Pekaitan.”Kami sangat berharap pemerintah daerah maupu pusat untuk memperhatikan para petani padi yang ada di kabupaten Rohil khususnya di kecamatan pekaitan agar lebih bersemangat untuk mewujudkan ketahanan pangan nasional,” katanya.

Kegiatan panen raya ini lanjut Dandim, merupakan bentuk dukungan dari Kodim 0321 Rohil dan kerja nyata TNI dalam mendukung Pemda dan pusat dalam menciptakan ketahanan pangan dengan mengoptimalisasikan lahan tidur yang ada diwilayah.

Saat ini terang Dandim, lahan pertanian yang ada di Rokan Baru Pesisir itu tergolong sangat luas yakni sekitar 600 hektare. Bahkan, hasil panen masyarakat juga cukup memuaskan.

Dengan besar nya potensi pertanian padi itu, Dandim berharap agar pemerintah daerah dapat memiliki kilang padi. Sehingga, kabupaten Rohil dapat memperoduksi hasil panen padi sendiri dan menjadi hasil unggulan dari kabupaten Rohil.

Dandim juga mengingatkan para petani agar tidak pernah mengalih fungsikan lahan pertanian padi menjadi lahan perkebunan kelapa sawit maupun lainnya.

“Kami ucapkan terimakasih kepada para panitia dan pihak terkait yang telah membantu dan mensukseskan kegiatan panen raya ini. Semoga Kabupaten Rohil terus bisa memantapkan sektor pertanian sehingga menjadi lambung padi,” harapnya.

Sementara itu, Bupati Rohil Afrizal Sintong SIP, M.Si dalam sambutannya memberikan apresiasi kepada Dandim 0321 Rohil dan seluruh jajaran yang telah bekerja keras dalam memberikan pendampingan kepada para petani padi.

Bupati menerangkan, saat ini sektor pertanian padi sangat menjanjikan kesejahteraan bagi para petani. Sebab kata Bupati, dalam satu hektar padi bisa menghasilkan di kisaran Rp 25 juta dalam satu kali panen.

Bupati menjelaskan, pelaksanaan panen raya padi di lahan ratusan hektar di Kepenghuluan Rokan Baru Pesisir ini sudah sering dilaksanakan dari sebelumnya. Dimana katanya, lahan tersebut merupakan lahan beting hasil endapan lumpur dan sangat subur dijadikan lahan pertanian padi.

“Tentunya kami juga sangat berterimakasih kepada Pak Dandim atas binaannya kepada kelompok tani kami yang ada di sini melalui para Babinsa sehingga para petani dapat berhasil,” katanya.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati juga mengajak seluruh petani agar semakin semangat dalam mengelola pertanian khususnya padi. Sehingga, swasembada pangan dapat terpenuhi.

“Kami selaku pemerintah daerah akan terus memberikan dukungan dalam pengembangan pertanian padi baik dalam segi bantuan peralatan, pupuk maupun bibit padi,” terangnya.

Panen raya padi ini juga dihadiri anggota DPRD Rohil, Sekda Rohil H Fauzi Efrizal, para Asisten, Ketua PKK Sanimar Afrizal, Ketua Persit KCK Cab LXXVI Kodim 0321 Rohil Ny.dr.Mery Nugraha Yudha Prawiranegara, para Kepala OPD, Camat, Kapolsek Bangko, Datuk Penghulu serta berbagai unsur lainnya.

Dalam kesempatan itu, Bupati bersama Dandim dan Forkopimda juga menyerahkan bantuan alat pertanian serta menabur ribuan ekor bibit ikan.

Kabiro Panca Sitepu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *