Ada 5 Negara di Asia yang Dukung Israel

ARTIKEL96 Dilihat

YUTELNEWS.com | Terdapat sejumlah negara di Asia yang telah mendukung penuh Israel. Hal itu dibuktikan dengan beberapa hal, salah satunya dengan mengirimkan duta besar mereka untuk melakukan hubungan diplomatik antar negara. Di negara-negara Asia yang mayoritas penduduk negaranya menganut agama Islam, mereka umumnya mendukung Palestina menjadi negara yang berdaulat. Meski begitu, ada pula negara-negara di Asia yang sampai saat ini mendukung penuh Israel.

Berikut 5 Negara di Asia yang Mendukung Israel:

1. Singapura Singapura mengakui kedaulatan Israel sebagai sebuah negara sejak 1969. Kemudian negara ini menjalin hubungan diplomatik dengan Israel dimulai pada tahun 1970. Singapura dan Israel memiliki kerjasama di bidang pertahanan, perdagangan, teknologi, dan pendidikan. Kedua negara tersebut saling membutuhkan dan menjalin hubungan kerjasama yang harmonis hingga sekarang ini. Meski begitu, Singapura juga menjadi negara yang menolak penindasan. Singapura pun juga mendukung solusi dua negara untuk menyelesaikan konflik Israel-Palestina.

2. India India menjadi salah satu negara di Asia yang mendukung Israel. Negara ini bahkan menjadi negara pertama yang mengakui negara Israel pada tahun 1950. Namun India juga menjadi negara yang menyukai perdamaian. India pun berusaha menjaga keseimbangan antara kedua pihak yang berkonflik, dan menyerukan solusi dua negara yang damai dan adil.

3. Filipina Filipina juga termasuk negara yang mendukung negara Israel. Kedua negara tersebut telah menandatangani perjanjian persahabatan sejak 26 Februari tahun 1958.p

Bahkan dalam sejarahnya, Rodrigo Duterte mencatatkan sejarah sebagai presiden Filipina pertama yang pernah menginjakkan kaki di Israel. Namun kedua negara ini baru membuka kedutaan besar tahun 1962.

4. Thailand Selain India, Thailand juga menjadi salah satu negara yang mengawali pengakuan terhadap Israel, yakni pada tahun 1954. Kedutaan besar dua negara ini mulai didirikan pada tahun 1958. Hingga saat ini Thailand masih menjadi negara yang menjalin hubungan dekat dengan Israel. Thailand dan Israel juga telah merayakan peringatan ke-60 hubungan diplomatik mereka.

5. Vietnam Vietnam mengakui kedaulatan Israel sebagai negara sejak 1993 dan menjalin hubungan diplomatik dengan Israel sejak 1994. Vietnam dan Israel memiliki kerjasama di bidang perdagangan, investasi, pertanian, sains, teknologi, dan pendidikan. Oleh karenanya hubungan kedua negara ini cukup berkembang baik. Namun Vietnam juga menjadi negara yang mendukung solusi dua negara untuk menyelesaikan konflik Israel-Palestina.

Artikel ini telah diterbitkan di halaman SINDOnews.com pada Rabu, 01 November 2023 – 13:01 WIB oleh Amien Nulloh Ibrohim dengan judul “5 Negara Asia yang Mendukung Penuh Israel, Mana Saja?

Sumber : Sindonews.com

 

(Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *