YUTELNEWS.com |Kepala Desa Kanagarian Guguak, Yosrizal SH, MH, Kecamatan Guguak, Kabupaten Limapuluh Kota memfungsikan Dana Desa (DD) Tahun anggaran 2023 ini sebesar Rp 175 Juta lebih, membangun jaringan irigasi untuk meningkatkan perekonomian warga.

Kepala Desa saat diwawancarai mengatakan, Pembangunan Jaringan Irigasi desa ini menggunakan Dana Desa, Lokasi Pembangunannya berada di Tali Bandar Tongah Persawahan Baruah Namang Jorong Guguak, Desa Kenagarian Guguak VIII Koto dengan volume panjang 230 Meter dengan munggunakan anggaran untuk realisasi sebesar Rp. 175.686.600 dengan waktu pelaksanaan maksimal 90 hari kalender.

Pekerjaan Pembangunan Jaringan Irigasi Desa ini dilaksanakan oleh TPK Jorong Guguak, dengan menggunakan tenaga kerja yang terdiri dari tukang, pekerja, serta kepala tukang dari warga Jorong Guguak yang ada di sekitar dekat lokasi pembangunan.

Pembangunan Jaringan Irigasi di Kenagarian Guguak Lapan Koto melalui Dana Desa

Hal ini bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan warga sesuai dengan instruksi Wali Nagari. Dengan demikian, pembangunan irigasi memberikan efek langsung bagi warga sekitar. Selain hasil pembangunan, yaitu berupa lancarnya irigasi yang berdampak meningkatnya hasil pertanian secara signifikan khususnya Padi.

Jaringan Irigasi ini digunakan untuk mengairi sawah-sawah di Tali Bandar Tongah Persawahan Baruah, Namang Jorong Guguak.Pemerintah Nagari Guguak VIII Koto berharap bahwa segenap warga penggarap dan penerima manfaat dari Pembangunan Jaringan Irigasi ini, ikut serta berperan aktif dalam menjaga dan merawat Jaringan Irigasi ini dengan selalu membersihkan sampah yang ada di saluran tersebut.

Sumber Kharisma Satria Kirana

( Yori despianto)

By Admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You cannot copy content of this page