Wisata Alam Bukit Senyum Burangrang Selatan Tempat Paporit Anak Muda Bandung Barat

NEWS124 Dilihat

YUTELNEWS.com | Bukit Senyum, adalah objek wisata yang ada di wilayah Kecamatan Cikalong Wetan Bandung Barat, tepatnya di kampung pasir manggu, Desa Cipada, Cikalong wetan.

Bukit Senyum itu sendiri telah dirintis sejak November 2016 oleh penduduk sekitar hutan yang tergabung dalam Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH), khususnya Kelompok Tani Hutan Rimba Sejahtera.

Untuk Pengelolaannya Bukit Senyum dikelola oleh Perum Perhutani Kesatuan Pemangku Hutan (KPH) Bandung Utara, yang berada di bawah naungan Resor Pangkuan Hutan (RPH) Burangrang Selatan

Perum Perhutani sendiri adalah Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang bertanggung jawab atas pengelolaan hutan produksi di Indonesia, termasuk pengelolaan kawasan wisata alam seperti Bukit Senyum.

Pengelolaan yang baik dari pihak Perhutani penting untuk menjaga keberlanjutan lingkungan dan pengalaman wisata yang positif bagi para pengunjung yang hendak menikmati keindahan alam Bukit Senyum.

Awalnya, LMDH mengelola hutan produksi dengan komoditas kopi arabika, namun mereka mengalami kesulitan dalam pertumbuhan tanaman kopi karena cahaya matahari yang terhalang oleh pohon pinus yang lebat. Dalam upaya meningkatkan kesejahteraan ekonomi, mereka memutuskan untuk mengubah fungsi hutan menjadi kawasan wana wisata alam Bukit Senyum.

Bukit Senyum Cikalong Wetan secara resmi diresmikan sebagai tempat wisata pada tanggal 19 April 2017 lalu.

Sejak itu, tempat ini telah menjadi tujuan wisata yang populer di Bandung Barat, yang menawarkan pemandangan alam yang indah dan berbagai fasilitas untuk pengunjung. Ini adalah perkembangan yang bagus bahwa masyarakat sekitar dapat mengelola dan memanfaatkan sumber daya alam untuk meningkatkan kesejahteraan mereka melalui pariwisata.

Semoga Bukit Senyum Cikalong Wetan terus berkembang dan memberikan manfaat positif bagi masyarakat setempat dan para wisatawan yang datang mengunjunginya.

(Didin Y)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *