Survei Akreditasi UPTD Puskesmas Sogae’adu oleh Tim Surveior LPA – PKP

NEWS123 Dilihat

YUTELNEWS.com | Tim Surveior Lembaga Penyelenggara Akreditasi Pelayanan Kesehatan Paripurna (LPA-PKP) gelar Survei Akreditasi pada UPTD Puskesmas Sogaeadu, bertempat di Desa Tulumbaho, Kecamatan Sogaeadu.Senin, 13 November 2013.

Pada dasarnya, syarat sebuah akreditasi terdiri dari bukti pelaksanaan kegiatan melalui dokementasi dan penelusuran dimana kegiatan tersebut harus tertulis dan dikerjakan sesuai dengan aturan yang berlaku. Untuk itu, diperlukan peningkatan mutu pelayanan dalam memberikan perlindungan kepada masyarakat.

Dalam laporannya, Kepala UPTD Puskesmas Sogaeadu Setiani Waruwu, A.Md. Keb mengatakan bahwa kegiatan Survei Akreditasi ini merupakan bagian dari penilaian dari beberapa indikator. Penilaian akreditasi ini tidak hanya berorientasi pada sertifikat saja tapi diharapkan memberikan manfaat terhadap kinerja pelayanan kepada masyarakat.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Nias (P2KB) Rahmani O. Zandroto menyampaikan bahwa Penilaian Akreditasi ini merupakan wujud komitmen Pemerintah Kabupaten Nias dan Dinas Kesehatan P2KB dalam mendukung kegiatan Reformasi Birokrasi Kementerian Kesehatan Tahun 2021-2024. Yang menjadi prioritas dalam hal ini yaitu transformasi kesehatan khususnya Transformasi Layanan Primer.

Ia mengungkapkan bahwa persiapan akreditasi UPTD Puskesmas Sogaeadu dimulai dari Pemenuhan Sarana/Prasarana/Alat Kesehatan, Sumber Daya Manusia, dan Proses Pelayanan sesuai SOP. Selain itu, persiapan dilakukan dengan pengisian Penilaian Mandiri (Self Assesment), Penyusunan Program Peningkatan Mutu, Penetapan dan Pengukuran Indikator Mutu serta Pelaporan Insiden Keselamatan Pasien.

“Pemerintah Kabupaten Nias dan Dinas Kesehatan P2KB sangat mendukung kegiatan Pelaksanaan Survei Akreditasi Puskesmas se-Kabupaten Nias Tahun 2023. Kegiatan ini berlangsung selama 3 (tiga) hari dan dilakukan oleh Dinas Kesehatan P2KB Kabupaten Nias bersama dengan Tim Surveior Lembaga Penyelenggara Akreditasi Pelayanan Kesehatan Paripurna (LPA-PKP)” ujarnya.

Saya berharap agar Kepala UPTD Puskesmas Sogaeadu dan seluruh Staf agar mengikuti kegiatan ini dengan sungguh-sungguh demi terpenuhinya Standar Akreditasi dan Penilaian secara Paripurna” pesan Kadis Kesehatan mengakhiri sambutannya.

Pada kesempatan yang sama, Bupati Nias dan Wakil Bupati Nias melakukan monitoring atas Pelaksanaan Survei Akreditasi oleh Tim Surveior Lembaga Penyelenggara Akreditasi Pelayanan Kesehatan Paripurna (LPA-PKP).

Hadir dalam kegiatan tersebut, Camat Sogaeadu, Unsur Fokopimcam Sogaeadu, Ketua TP. PKK Kecamatan Sogaeadu, Kepala UPTD Puskesmas Sogaeadu, Kepala Desa se-Wilayah Kecamatan Sogaeadu, Tim Surveior LPA-PKP, Tim Pembina Cluster Binaan (TPBC) Dinas Kesehatan P2KB Kabupaten Nias, Tokoh Agama/Masyarakat, Staf UPTD Puskesmas Sogaeadu.

(Kom/Yunurius Zandroto)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *