Tradisi Adat Tahunan Mantu Kucing di Dusun Curahjati Desa Grajagan

SOSIAL - BUDAYA56 Dilihat

YUTELNEWSS.com | Tradisi Mantu Kucing agenda tahunan yg dilaksanakan di Dusun Curahjati Desa Grajagan. (Jumat 17/11/23).

Adat Istiadat masyarakat masih sering dilaksanakan kususnya di desa Grajagan kecamatan purwoharjo yang rutin gelar setiap tahun di bulan November yg bertujuan mendatangkan hujan, selain itu juga memiliki makna sebagai simbol untuk meminta keselamatan di dusun Curahjati desa Grajagan.

Adapun Kegiatan mantu kucing sudah turun temurun dari nenek moyang warga dusun curahjati desa Grajagan Kecamatan Purwoharjo.

Danramil selaku Forpimka Kecamatan Purwoharjo menegaskan kegiatan tersebut agar dijadikan suatu hubungan tali persaudaraan antar umat beragama maupun adat istiadat yg di terapkan disana mengingat khususnya di Desa Grajagan terdapat 5 agama yang hidup berdampingan antar masyarakat.

Sehingga melalui kegiatan ini sesama masyarakat dapat melestarikan budaya serta menjaga keyakinan mereka dengan saling menghargai satu sama lainnya, imbuhnya.

kegiatan mantu kucing juga selalu di pantau oleh kepala desa, babinsa, babinkamtibmas selaku tiga pilar desa demi kelancaran pelaksanaan kegiatan tersebut.

(Slamet)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *