Universitas Samudra Gandeng BPBD Gelar Sosialisasi Pengurangan Resiko Bencana di Sekolah MTsS

NEWS29 Dilihat

YUTELNEWS.com | Forum Pengurangan Resiko Bencana (FPRB) Kota Langsa , Provinsi Aceh mengadakan sosialisasi dan simulasi pengurangan resiko bencana di halaman sekolah MTsS Geudubang Aceh, Kec. Langsa Baro, Kota Langsa, Senin (20/11/2023).

Pelaksanaan sosialisasi dan Simulasi tentang pengurangan resiko bencana yang digelar di Sekolah MTsS mulai jam 09.00 Wib, Sampai dengan selesai, kepada wartawan Ketua FPRB Kota Langsa, Hasan Basri mengatakan, dalam kegiatan ini sudah yang kedua kali dilaksanakan sebelumnya, di SMA Negeri 5 Langsa.

Kegiatan tersebut turut dihadiri Ketua FPRB Kota Langsa Dr.Teuku Hasan Basri M.pd yang juga sebagai Kepala UPT Laboratorium Dasar Universitas Samudra, Kepala sekolah MTsS Gedubang Aceh, Husaini Spd, Kasubang TU Kantor Depertemen Agama Langsa Jafar, serta Personil BPBD Pemko Langsa.

Ketua FPRB Kota Langsa Dr.Teuku Hasan Basri M.pd, Senin (20/11/2023), dihadapan Ratusan anak-anak didik sekolah MTsS Geudubang Aceh saat memberikan materi sosialisasi kebencanaan ini mengatakan, bahwa tujuan kegiatan Sosialisasi dan simulasi kebencanaan ini dilaksanakan untuk memperkenalkan wawasan kebencanaan sejak dini kepada siswa/siswi Sekolah MTsS Gedubang Aceh agar dapat tertanam secara mendalam dalam diri mereka.

Selain itu, guna membangun kesiap siagaan para pelajar dan guru ketika menghadapi kemungkinan terjadinya bencana terutama bencana gempa bumi dan kebakaran.

Selanjutnya Setelah pelaksanaan sosialisasi di paparkan oleh Dr.Teuku Hasan Basri M.pd selaku Ketua FPRB di ruang Aula MTsS Gedubang Aceh, murid-murid diajak keluar menuju halaman sekolah untuk mempraktekan cara simulasi tentang terjadinya kebakaran untuk skala kecil, seperti mengatasi kebakaran dengan dipandu oleh para anggota FPRB Bekerja sama dengan BPBD Kota Langsa.

Para siswa/siswi serta,Guru dan Penjaga Malam pada sekolah MTsS Gedubang Aceh diperkenalkan dengan Alat Pemadaman Api, seperti Apar Racun Api mengatasi kebakaran dengan Alat Pemadam Api Ringan (APAR) serta peralatan sederhana yang ada di sekitar kita.

Siswa/siswi MTsS sangat bersemangat untuk mengikuti sosialisasi dan simulasi yang diadakan ini, mereka Jadi tahu cara memadamkan api, menutup dengan Goni serta Kain basah, dan cara mempergunakan tabung racun api.

Selanjutnya, Kepala Sekolah MTsS, Husaini S.Pd, menyambut baik dan berterima kasih atas pelaksanaan kegiatan sosialisasi dan simulasi kebencanaan ini, terhadap Anak-anak didik yang mendapatkan banyak ilmu tentang bila terjadinya bencana dalam prakteknya, serta memberikan apresiasi dan salut atas pelaksanaan ini, begitu juga terhadap anak-anak yang bersemangat dan berani dalam mem praktekan untuk memadamkan api,” pungkas kepala sekolah MTsS, Husaini Spd.

(Kaperwil Aceh – Said Yan Rizal)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *