TNI Gelar Gerakan Nasional Ketahanan Pangan di 385 Titik Wilayah Indonesia

TNI - POLRI53 Dilihat

YUTELNews.com | (Puspen TNI) Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono S.E., M.M., menginisiasi kegiatan Gerakan Nasional Ketahanan Pangan di Jajaran TNI yang dilakukan secara serentak dan dibuka secara resmi oleh Wakil Presiden RI Prof. Dr. K.H. Ma’ruf Amin, bertempat di Taman Pancasila Ds. Wanajaya Kec. Cibitung, Kab. Bekasi, Rabu (1/11/2023).

Dalam sambutannya, Panglima TNI menegaskan bahwa TNI sangat berkomitmen dan memiliki tanggung jawab moral untuk membantu rakyat, kegiatan ini untuk menjawab kesulitan masyarakat yang saat ini dilanda El Nino yaitu kekeringan yang berkepanjangan.

“Pada hari ini mudah-mudahan menjadi awal yang bagus untuk nanti dilanjutkan oleh generasi penerus maupun Jajaran TNI, bekerja sama dengan Kementerian Pertanian di manapun berada dan bertugas untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, sesuai dengan kearifan lokal di masing-masing daerah. Tadi sudah ditampilkan ada yang menanam nanas, ada yang tambak udang Vaname masih banyak lagi,” ucap Laksamana TNI Yudo.

Lebih lanjut dikatakan Laksamana TNI Yudo bahwa, TNI bersama-sama dengan Kementerian Pertanian RI akan mengembangkan program-program pertanian di daerah. TNI mempunyai prajurit maupun satuan dan juga memiliki lahan yang sangat luas sekali di seluruh wilayah Jajaran TNI. “Kalau ini kita berdayakan di seluruh jajaran bersama-sama dengan Kementerian Pertanian mudah-mudahan bisa menjawab tantangan saat ini, mungkin ada kekurangan pangan, dan mudah-mudahan kegiatan ini bisa menjadi jawaban,” jelasnya.

Dalam Kesempatan tersebut, Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono S.E., M.M. menerima penghargaan rekor Muri, karena menginisiasi pelaksanaan Gerakan Nasional Ketahanan Pangan yang dilakukan secara serentak di jajaran TNI seluruh Indonesia dan terbanyak di 385 titik. Penghargaan rekor Muri diberikan langsung oleh Bapak Omar Semesta Susilo dari Muri.

Pada kegiatan Gerakan Nasional Ketahanan Pangan yang dipusatkan di Taman Pancasila, Wakil Presiden RI Prof. Dr. K.H. Ma’ruf Amin berkesempatan untuk menyerahkan bibit padi secara simbolis kepada kelompok tani, menyaksikan kelompok tani menanam Kelengkeng, meninjau lokasi penggemukan sapi, menabur benih ikan lele, ikan mas, dan ikan patin sebanyak 1.000 ekor di Embung dan berdiskusi dengan kelompok tani dan masyarakat.

Pada Gerakan Nasional Ketahanan Pangan Tahun 2023, terdapat lahan tidur di seluruh jajaran TNI seluas 417.402,25 Ha terdiri dari TNI AD 415.873,98 Ha, TNI AL 964,27 Ha, TNI AU 564 Ha, yang telah dapat dioptimalkan untuk ditanami dengan berbagai tanaman pangan seperti Pisang, Kacang Tanah, Melon, Bawang Merah, Pala, Alpukat, Stroberi dan tanaman pangan lainnya serta digunakan juga untuk pemeliharaan hewan ternak, yang hasilnya telah dapat dirasakan oleh prajurit dan masyarakat sekitar.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut diantaranya, Mentan RI Dr. Ir. H. Andi Amran Sulaiman, M.P. , Kasad Jenderal TNI Agus Subiyanto S.E., M.Si., Kasal Laksamana TNI Muhammad Ali, dan Kasau Marsekal TNI Fadjar Prasetyo, S.E., M.P.P.

(Yans)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *