Ormas PAS dan PBB-AM Sinergi Fasilitasi Pemulangan Jenazah TKI Meninggal di Malaysia

SOSIAL - BUDAYA29 Dilihat

YUTELNews.com | Ketua Umum Persaudaraan Aceh Seranto (PAS), H.Akhyar Kamil, S. H, terus fokus pada pemulangan jenazah putra putri Aceh meninggal dunia di perantauan.

Kali ini jenazah Almarhum Adnan Bin M Yusuf Abubakar (39) asal Desa Tgk Di Balee Kecamatan Tanah Luas Kabupaten Aceh Utara.

Ketum PBB-AM,Teuku Haikal bantu proses di Malaysia, Ketum Ormas PAS, H. Akhyar Kamil, S.H, bantu fasilitasi dari Kualanamu Medan ke rumah duka. Adnan, seebelum nya dikabarkan meninggal dunia di negeri jiran Malaysia bedasarkan daftar kematian No.1833488 Tertanggal 30 Oktober 2023 dari Hospital Malaka.

Ia dinyatakan telah meninggal dunia pada tgl 30 Oktober 2023, pukul 13:38 MYT, di sebabkan kematian, karena Severe Sepsis Secondary to Perforated Viscus, (Kerusakan organ jauh dari infeksi),

Menurut petugas medis Farah Adella Binti Muhd Faizi, Rabu,01 November 2023, jenazah Almarhum Adnan, diterbangkan dari Kuala Lumpur ke Bandara Kualanamu dengan Maskapai MH 864 Pukul 15:50 MYT dan Tiba di Kualanamu 16:00 Wib.

Setiba di Bandara Kualanamu langsung di sambut oleh Relawan Persaudaraan Aceh Seranto, sudah siap siaga menunggu terlebih dahulu.

Selanjutnya jenazah Adnan di antarkan ke rumah duka Desa Tgk Di Balee menggunakan Ambulance Nopol B 1890 VOZ, milik Persaudaraan Aceh Seranto.

Dijelaskan, Adnan mengadu nasib lebih kurang 3 tahun di negeri tetangga pulang via cargo maskapai MH 864 di dalam peti.

Sakinah (Adik Kandung) Almarhum Adnan menceritakan kepada media, “Kami mengetahui adik Adnan meninggal dunia melalui keluarga juga TKI di sana, kami menghubungi salah satu anggota Relawan DPC PAS, Kecamatan Tanah Luas, M Jafar,” ujarnya.

Pihaknya memohon bantuan agar pemulangan jenazah kekuarganya meninggal di Malaysia, “Alhamdulillah permohonan kami di sahuti H. Akhyar Kamil, S.H, melalui Ketua DPC PAS dan DPD PAS Aceh Utara, Efendinur mewakili Ketua DPW PAS Aceh Kanda Syukri, S.H, M.H,” sebutnya.

H.Akhyar Kamil, S.H, saat di komfirmasi melalui Handphone genggamnya membenarkan bahwa Adnan meninggal dunia di negara raja diraja Malaysia,

Lanjut H. Akhyar, “Sebagaimana mestinya kami relawan Persaudaraan Aceh Seranto, (Ormas PAS) sesuai AD-ART, setiap ada perantau meninggal dunia jika di minta bantu oleh pihak keluarga dan di ketahui kepala desa, insya Allah dengan izin Allah segera kami tangani atau fasilitasi,” ucapnya.

“Khusus Jenazah TKI, Persaudaraan Aceh Seranto,(PAS) bekerjasama dengan Persatuan Bireuen Bersatu Aceh Malaya (PBB-AM) proses pengurusan hingga mengantarkan ke rumah duka secara gratis,” tutur H. Akhyar Kamil, SH, Kamis (02/11/23).

“Kami Keluarga Besar dari Adnan, melalui lidah Sakinah (menirukan ucapanya), mengucapkan terimakasih tak terhingga kepada Ketum PAS, Bapak H.Akhyar Kamil, S.H dan juga kepada Ketum PBB-AM, Teuku Haikal,” ujar keluarga Adnan.

Selanjutnya, “Ucapan terimakasih juga untuk seluruh para relawan atas kesediaan serta bersusah payah membantu pulangkan jenazah adik saya,” ucap Sakunah sembari menghapus air mata yang tak henti membasahi ketua pipinya.

Jenazah Adnan tiba di rumah duka kamis, 02 November 2023, tepat pukul 00:00 Wib jenazah di serahkan kepada keluaga di hadapan perangkat desa dan ratusan pelayat sudah terlebih awal menunggu.

Jenazah Almarhum Adnan Bin M Yusuf Abubakar merupakan jenazah ke 320 di pulangkan/di fasilitasi secara gratis.

(AZ)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *