Nur Hidayat: Alhamdulillah Ratu Kalinyamat Ditetapkan Sebagai Pahlawan Nasional oleh Pemerintah RI di Hari Pahlawan 2023

NEWS37 Dilihat

YUTELNEWS.com | KSN atau Kementerian Sekretariat Negara RI Sekretariat Militer Presiden, Nomor: R-09/KSN/SM/GT.02.00/11/2023 tanggal 3 November 2023 tentang penyampaian informasi calon penerima gelar Pahlawan Nasional Tahun 2023 kepada Menteri Sosial Kementerian Sosial RI bahwa Presiden RI telah menyetujui dan menetapkan beberapa tokoh calon Pahlawan Nasional untuk dianugerahkan gelar Pahlawan Nasional pada hari Jum’at (10/11/2023) di Istana Negara.

Penganugrahan Gelar Pahlawan Nasional dalam peringatan Hari Pahlawan 10 November 2023 terdiri dari: Ida Dewa Agung Jambe (Provinsi Bali), Bataha Santiago (Sulawesi Utara), M. Tabrani (Jatim), Ratu Kalinyamat (Jateng), K.H. Abdul Chalim (Jabar), dan K.H. Ahmad Hanafiah (Lampung).

Penetapan melalui surat yang ditandatangani oleh Laksda TNI Hersan selaku Sekretaris Militer Presiden.

Sebelumnya, berbagai upaya sudah dilakukan Pemerintah Daerah Jepara dalam mengajukan Ratu Kalinyamat sebagai pahlawan nasional, dan bertepatan dengan Hari Pahlawan 10 November 2023 akhirnya membuahkan hasil.

Penganugerahan gelar pahlawan nasional pada Ratu Kalinyamat, disambut dengan syukur dan gembira oleh seluruh komponen masyarakat Jepara, salah satunya adalah Nur Hidayat Ketua Komisi C DPRD Kabupaten Jepara.

Nur Hidayat melalui pesan Whatsapp di Hari Pahlawan Jum’at (10/11/2023) mengucap rasa syukur dan Alhamdulillah. “Setelah melalui proses yang cukup panjang dan berliku, berkat Rahmat Allah SWT, Ratu Kalinyamat ditetapkan oleh Pemerintah RI sebagai Pahlawan Nasional,” ujar Nur Hidayat.

Nur Hidayat anggota DPRD Jepara dari Fraksi NasDem yang terpilih dari Dapil V (Kecamatan Kalinyamatan, Batealit dan Pecangaan) menyampaikan terima kasih kepada inisiator penggagas Ratu Kalinyamat sebagai Pahlawan Nasional yaitu Ibu Hj. Lestari Moerdijat, yang didukung seluruh masyarakat Jepara, bersama Pusat Kajian Ratu Kalinyamat UNISNU Jepara, Pemerintah Kabupaten Jepara, seluruh masyarakat Jepara dan pihak-pihak yang selama ini peduli dan turut serta mendukung kajian-kajian sejarah memperjuangkan Ratu Kalinyamat sebagai Pahlawan Nasional.

Nur Hidayat di Hari Pahlawan tahun 2023 ini mengajak kepada semua eleman masyarakat Jepara untuk “Ngugemi” (memegang dan mempertahankan) tentang nilai-nilai perjuangan, patriotisme, nasionalisme, dan sisi religius Ratu Kalinyamat, yang harta benda, jiwa, pengabdian serta pengorbanannya kepada Tanah Air sejak era perjuangan melawan kolonialisme patut diteladani oleh seluruh generasi bangsa Indonesia, khususnya generasi milenial abad ini.

Lebih lanjut, Nur Hidayat berharap kepada generasi muda Jepara untuk senantiasa meneladani nilai-nilai perjuangan Ratu Kalinyamat dan para Pahlawan Bangsa lainnya, agar jiwa patriotisme, jiwa nasionalisme, pengorbanan, dharma bakti dan pengabdian untuk masyarakat dan bangsa selalu tumbuh di sanubari segenap anak bangsa.

“Selamat Hari Pahlawan 10 November, semoga keteladanan dan nilai-nilai perjuangan dan kepahlawanan Ratu Kalinyamat bisa diteladani, diteruskan dan diwariskan kepada anak cucu kita,” pungkasnya.

(Eko)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *