Pengurus SMSI Kota Padangsidimpuan Resmi Dilantik Masa Jabatan Periode 2023-2026

NEWS67 Dilihat

YUTELNEWS.com | Ketua Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Padangsidimpuan, Khairul Arief, menegaskan, bahwa pihaknya siap besarkan SMSI di Kota Salak.

“Selain besarkan, kami juga siap untuk berkolaborasi dengan seluruh pihak di Kota Padangsidimpuan,” ujar Khairul Arief saat beri sambutan pada pelantikan Pengurus SMSI Padangsidimpuan 2023-2026, Sabtu (11/11/2023) siang.

Dalam pelantikan yang berlangsung di Hotel Mega Permata itu, Arief, sapaan akrabnya, bersama Pengurus berjanji akan bertugas secara santun, profesional, serta menjunjung kode etik jurnalistik maupun UU Pers No.40/1999.

“Proses pelantikan ini berlangsung sangat cepat, karena tanggal 23 Oktober kami mendapat mandat dan hari ini kami bisa melaksanakan pelantikan,” ungkap wartawan LKBN Antara itu.

Menjelang Pemilu 2024, kata Arief, SMSI hadir guna menjadi benteng dalam menangkal berita-berita hoaks. Selain itu, SMSI juga hadir sebagai sarana penyejuk di masyarakat. SMSI harapannya juga dapat menjadi wadah profesi yang kredibel. Pihaknya juga berharap, SMSI mendapat ruang di pemangku kepentingan Kota Padangsidimpuan dan masyarakat luas. Sebab sejatinya, SMSI hadir milik semua elemen dan golongan masyarakat sesuai amanat UU Pers No.40/1999.

Tak lupa, Arief juga mengucapkan terimakasih ke Ketua SMSI Provinsi Sumut, Erris J Napitupulu, beserta jajaran. Begitu juga ucapan terima kasih ke jajaran Forkopimda Kota Padangsidimpuan, dan pihak-pihak yang mendukung hadirnya SMSI.

“Terakhir, kami memohon arahan dan bimbingan ke Ketua SMSI Provinsi Sumut, agar SMSI terus berkiprah dan semakin besar khususnya di Kota Padangsidimpuan,” pungkas Arief.

Penasehat SMSI Padangsidimpuan, Ali Rahman Nasution, mengucapkan selamat ke segenap Pengurus SMSI Padangsidimpuan yang sudah terlantik. Harapannya, ke depan perusahaan Pers yang bernaung di SMSI Kota Padangsidimpuan agar terverifikasi dewan pers.Dan harapannya juga dalam waktu dekat, SMSI Padangsidimpuan bisa mengadakan Uji Kompetensi Wartawan (UKW). Kemudian, kepada jajaran Forkopimda agar kiranya dapat berkolaborasi di berbagai segmen dengan SMSI Kota Padangsidimpuan.

“Sehingga, SMSI Padangsidimpuan tetap eksis dan bisa berkiprah di Kota Salak,” urainya.

Sedangkan, Sahabat Pers Sumut, H Syahrul M Pasaribu, SH, yang juga hadir dalam kesempatan itu, turut menyampaikan bahwa dunia pers baginya sudah sangat lekat sejak duduk di kursi legislatif.Begitu juga, kata Syahrul, selama 10 tahun menjabat sebagai Bupati di Kabupaten Tapanuli Selatan sudah bergaul dengan Pers. Jika dulu ada 5W + 1H, di tengah perkembangan zaman dan gempuran saat ini, sudah bertambah menjadi 3S.

“Yaitu, save (aman), solution (nilai atau solusi), dan terakhir share (membagikan),” jelasnya.

Ia berharap ke SMSI, jangan setelah ada organisasi berubah warna. Justru, sejak ada organisasi profesionalisme Pers harus makin ditingkatkan. Sebab, Pers merupakan pilar keempat di demokrasi.

“Fungsi Pers bisa sebagai sosial kontrol, edukasi, merubah karakter manusia ke arah lebih baik, dan bisa mengakselerasi pembangunan di suatu daerah,” tandasnya.

Sementara, Kapolres Padangsidimpuan, AKBP Dudung Setyawan, SH, SIK, MH, agar selalu skses. Saat ini di era digitalisasi, kemajuan pers sangat pesat. Ia juga selama bertugas di kepolisian tidak pernah bisa jauh dari insan pers.

Mungkin selama ini, Polres Padangsidimpuan selalu membuka diri kepada insan pers untuk memperoleh informasi. Ia mengajak agar saling berkolaborasi untuk kebersamaan. Ia yakin, SMSI ke depan semakin profesional.Ia menekankan agar SMSI jangan lupa, bertugas dengan profesional sesuai amanat UU Pers No.40/1999 dan kode etik jurnalistik. Kemudian, ia meminta SMSI agar bertugas tetap santun.

“Jangan pernah tendensius dalam membuat berita, dan tetap sajikan berita yang kredibel,” harapnya.

Selanjutnya, Plh Sekda Padangsidimpuan, Rahuddin Harahap, menyatakan bahwa pemerintah akan lakukan kolaborasi dengan Pers. Dalam hal ini, Pers sebagai penyambung informasi dari kami ke pemerintah atasan maupun ke masyarakat.

(Mahmuda Mora siregar)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *