Peran Babinsa Dalam Pendampingan Penyemprotan Gulma Untuk Peningkatan Produksi Tanaman Cabai

YUTELNEWS.com | Serda Pirdaus Babinsa Koramil 05/Idr Kodim 0104/Aceh Timur membantu Bapak Padil selaku petani menyemprot hama pada tanaman cabai, Bertempat di Desa Tanjung Kapai, Kecamatan Idi Rayeuk, Kabupaten Aceh Timur, Rabu (29/11/2023).

Pendampingan yang dilakukan oleh Babinsa dalam penyemprotan hama pada tanaman cabai tidak hanya sebagai langkah melawan hama tetapi juga merupakan kontribusi nyata TNI dalam mendukung petani menuju swasembada pangan, Upaya ini memperlihatkan peran aktif Babinsa dalam memajukan sektor pertanian untuk mencapai kemandirian pangan.

“Serda Pirdaus menyampaikan Pendampingan seperti yang dilakukan

membuktikan komitmen Babinsa dalam mengatasi kendala dan kesulitan yang dihadapi oleh petani, Langkah ini tidak hanya bersifat situasional tetapi juga menunjukkan keseriusan untuk berkelanjutan dalam mendukung swasembada pangan,” Ujar Serda Pirdaus.

Kedekatan antara Babinsa dan petani dalam membangun hubungan yang saling percaya, Kedekatan ini menciptakan saluran komunikasi yang terbuka, memudahkan petani untuk meminta bantuan ke Koramil melalui Babinsa, Sehingga menjaga hubungan yang kuat antara masyarakat dan Babinsa.

Ungkapan dari Danramil 05/Idr, Kapten Inf Noverlan menjelaskan bahwa pendampingan yang dilakukan oleh Babinsa merupakan bagian dari tugas pokok aparat teritorial, Tujuan utamanya adalah membantu warga masyarakat dalam menyelesaikan masalah serta berkontribusi pada peningkatan ketahanan pangan di wilayah binaan, Ini menunjukkan peran Babinsa dalam mendukung kesejahteraan masyarakat secara menyeluruh.

“Pendampingan oleh Babinsa tidak hanya bertujuan untuk memberikan solusi praktis terhadap kendala petani, tetapi juga memiliki dimensi motivasi dan semangat, Dengan memberikan dorongan kepada petani agar tidak mengeluh dan tetap bersemangat, Babinsa berperan dalam membangun ketahanan mental petani di tengah tantangan pertanian modern, Ini menunjukkan pendekatan holistik dalam membantu petani mengatasi masalah dan meningkatkan produktivitas,” pungkas Danramil.

(Kaperwil Aceh – Said Yan Rizal)

Peran Babinsa Dalam Pendampingan Penyemprotan Gulma Untuk Peningkatan Produksi Tanaman Cabai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You cannot copy content of this page