KIM Cerdas Tarumajaya Kabupaten Bandung Kembali Berkibar Juara Nasional

OLAHRAGA30 Dilihat

YUTELNews.com | Kabupaten Bandung kembali berkibar di tingkat nasional setelah Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) Cerdas Tarumajaya yang berasal dari Kecamatan Kertasari, Kabupaten Bandung menyabet dua penghargaan dari Kementerian Komunikasi dan Informasi Republik Indonesia (Kemenkominfo RI), Sabtu (28/10/2023) malam. Penghargaan tersebut diberikan langsung oleh Direktur Jendral Informasi dan Komunikasi Publik Kemenkominfo RI, Usman Kansong dalam agenda malam apresiasi KIM pada puncak perayaan KIM Festival 2023 di Balai Pemuda, Alun-alun Kota Surabaya.

Malam apresiasi bagi para pegiat “KIM” ini adalah yang pertama kali dilakukan yang melibatkan kolaborasi antara Kemenkominfo dan Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Kabupaten/Kota untuk menunjukkan kemampuan mereka. kategori penilaian KIM tahun ini memang masih terbatas, tapi mudah-mudahan tahun depan bisa ditambah lagi kategorinya,” tutur Usman.

Usman berharap agar kategori apresiasi yang diberikan Kemenkominfo tahun ini bisa memajukan semangat KIM dalam menyebarkanluaskan informasi dan memberikan manfaat yang lebih luas bagi masyarakat.

Meskipun KIM Festival baru diadakan beberapa kali, saya sangat bangga karena KIM yang ikut berkompetisi tahun ini kualitasnya semakin meningkat,” tambahnya.

Ia pun mengusulkan agar apresiasi yang diberikan Kemenkominfo RI tahun depan dapat lebih meningkatkan kemampuan pegiat KIM, misalnya dengan mendapatkan pelatihan gratis maupun magang di Kemenkominfo RI.

Misalnya pegiat KIM yang juara diperbolehkan magang di Kemenkominfo selama satu minggu full dibiayai oleh kami atau diperbolehkan mengikuti pelatihan Digital Talent Scholarship (DTS),” jelas Usman.

Terkait prestasi ini, Bupati Bandung Dr HM Dadang Supriatna menyatakan kebanggaannya terhadap KIM Cerdas Desa Tarumajaya yang telah mewakili Provinsi Jawa Barat pada ajang bergengsi tersebut.

Saya merasa senang dan bangga kepada para pegiat KIM dari Desa Tarumajaya yang telah bekerja keras membawa Provinsi Jawa Barat, khususnya Kabupaten Bandung meraih prestasi membanggakan di tingkat nasional ini,” ungkapnya.

Tak lupa ia pun menyampaikan apresiasi kepada semua pihak yang telah mendukung keikutsertaan KIM Cerdas Tarumajaya sehingga layak bersaing di tingkat nasional. Dadang juga berharap agar KIM bisa terus memberikan kontribusi positif bagi pembangunan daerah, khususnya di desanya masing-masing.

Saya harap ke depan kita akan mampu menggali, menumbuhkan, dan mengembangkan KIM di seluruh desa di Kabupaten Bandung agar mereka bisa memberikan kontribusi positif terhadap pembangunan, khususnya di desa masing-masing. Kalau aktivitas pembangunan desa terjadi secara terus-menerus maka akan mendukung indeks pembangunan daerah juga secara keseluruhan,” jelasnya.

(Rev. Susi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *