Warkshop Peningkatan Kapasitas Tenaga Kerja Bidang Kesehatan dalam Upaya Pencegahan Stunting di Kabupaten Nias

YUTELNews.com | Nias – Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Republik Indonesia melalui Dinas Kesehatan P2KB Kabupaten Nias gelar Workshop Peningkatan Kapasitas Tenaga Bidang Kesehatan dalam upaya Pencegahan Stunting di Kabupaten Nias, bertempat di Yaahowu Lounge Hotel Soliga, Jl. Pangeran Diponegoro No.432, Miga, Kec. Gunungsitoli.Rabu, 01 November 2023.

Ketua penyelenggara, Raja Amin Hasibuan, S.E., M.A., M.Se melaporkan bahwa kegiatan Workshop ini bertujuan untuk mendukung arahan kebijakan nasional untuk melakukan percepatan penurunan stunting. Maka, melalui Direktorat Penyerasian Pembangunan Sosial Budaya dan Kelembagaan Daerah Tertinggal melaksanakan kegiatan Workshop Peningkatan Kapasitas Tenaga Kerja Bidang Kesehatan dalam Upaya Pencegahan Stunting di seluruh wilayah Indonesia salah satunya di Kabupaten Nias.

Sementara itu, dalam arahan Bupati Nias Yaatulo Gulo, S.E., S.H., M.Si mengatakan bahwa masalah stunting di Kabupaten Nias juga dipengaruhi oleh infrastruktur jalan dan ketersediaan listrik yang masih belum memadai.

Ia menyampaikan bahwa Kabupaten Nias telah menjadi Lokus Pemerintah Pusat dalam hal Program Percepatan Penurunan Stunting. Untuk itu, TPPS Kabupaten Nias bersama seluruh Tenaga Kesehatan telah bekerja dan berkomitmen untuk menurunkan angka stunting di Kabupaten Nias.

“Saya mengapresiasi pelaksanaan kegiatan workshop ini dan diharapkan dapat dipraktekkan di lingkungan kerja dan ditengah-tengah masyarakat Kabupaten Nias” Ucap Bupati Nias.

Ia mengungkapkan bahwa penanggulangan stunting akan  dilakukan secara terus-menerus melalui perbaikan pola asuh, pola makan, serta peningkatan akses air bersih dan sanitasi dengan fokus kepada ibu hamil dan remaja.

“Saya berpesan kepada seluruh Tenaga Kesehatan untuk memberikan edukasi kepada masyarakat, pemilihan nutrisi yang baik serta penyediaan akses sarana dan prasarana kebersihan dan kesehatan yang merata di seluruh desa di Kabupaten Nias” ujarnya

“Saya juga berharap dengan status Kabupaten Nias sebagai daerah 3T mendapat perhatian khusus dari pemerintah khususnya dalam bidang infrastruktur dan semoga komitmen kita bersama dapat menjadikan kabupaten nias yang sehat dan maju” tambahnya

Untuk diketahui bersama, kegiatan ini berlangsung selama 2 (dua) hari mulai tanggal 01 s.d. 02 November 2023. Pembukaan kegiatan ini juga  ditandai dengan Penandatanganan Pakta integritas dan Penyerahan Bantuan Antropometri Kit secara simbolis sebanyak 11 unit  dari Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi kepada Pemerintah Kabupaten Nias.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Bupati Nias, Para Narasumber (Kepala Bappedalitbang Kabupaten Nias, Kepala Dinas Kesehatan P2KB Kabupaten Nias,  Ahli Gizi Dr. Rita Ramayulis, DCN., M.Kes, Dosen Ilmu Gizi USU Dr. ir. Zulhaida Lubis, M.Kes), Kepala UPTD Puskesmas se-Kabupaten Nias dan Seluruh Peserta Workshop

(Yunurius zandroto)

Warkshop Peningkatan Kapasitas Tenaga Kerja Bidang Kesehatan dalam Upaya Pencegahan Stunting di Kabupaten Nias

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You cannot copy content of this page