YUTELNews.com | Pemerintah Kabupaten Nias Utara Melalui Badan Kesatuan Bangsa Dan Politik (Kesbangpol), melaksanakan Rapat Tim Terpadu Penanganan Konflik Sosial Kabupaten Nias Utara Tahun Anggaran 2023 yang yang dilaksanakan di Aula Tafaeri Kabupaten Nias Utara.

Dalam laporannya Sekretaris Kesbangpol Kabupaten Nias Utara Minatalina Nazara, SKM menyampaikan bahwa tujuan pembentukan tim terpadu penanganan konflik sosial yaitu untuk sinkronisasi, harmonisasi dan integrasi kebijakan serta penyusunan Rencana Aksi Daerah (RAD) secara terpadu yang terkoordinasi, terkonsolidasi, serta sinergitas antar OPD dan instansi vertical. Sehingga pencegahan konflik dapat di implementasikan melalui penyusunan Rencana Aksi Penanganan Konflik Sosial yang dirumuskan oleh Tim Terpadu Penanganan Konflik Sosial di Tingkat Provinsi dan seluruh Kabupaten Kota, untuk mendorong terciptanya kondisi sosial, hukum dan keamanan dalam negeri yang kondusif dalam mendukung kelancaran pembangunan nasional.

Dalam sambutan Wakapolres Nias Kompol S.K HAREFA, MH menyampaikan terimakasih atas terlaksananya Rapat Tim Terpadu Penanganan Konflik Sosial Kabupaten Nias Utara Tahun Anggaran 2023, karna kegiatan ini sangat penting dalam menjaga stabilitas keamanan di Kabupaten Nias Utara, sebagaimana amanat Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2012 tentang penanganan konflik Sosial.

” Wilayah Kabupaten Nias Utara untuk situasi Kamtibmas masih dalam situasi aman, namun sangat penting untuk dilakukan pembahasan dan pengkajian untuk mencegah isu-isu permasalahan yang berkembang dan berpotensi terjadi konflik, baik dari segi sosial politik dalam mengahadapi pesta demokrasi, masalah Sumber Daya Alam, isu Sara, maupun batas-batas wilayah dan potensi lain yang dapat menimbulkan masalah kedepan”

Wakil Kapolres Nias Itu juga berharap melalui rapat ini dapat mencari solusi dan pemahaman yang sama dalam mengatasi masalah kedepan sehingga kamtibmas di Kabupaten Nias Utara terus kondusif. Pungkasnya

YUTELNews.com | Wakil Bupati Nias Utara Yusman Zega, A.Pi,M.Si dalam arahannya menyampaikan bahwa saat ini kondusivitas Kabupaten Nias Utara sangat AMAN dan Terkendali. Hal tersebut tercipta berkat sinergitas semua pihak baik TNI, Polri, Pemerintah Daerah, Instansi Vertikal, serta dukungan atau partisipasi masyarakat.

“Meski demikian, kita tidak boleh lengah dan wajib kita lakukan langkah langkah antisipasi dini terhadap kemungkinan munculnya potensi konflik sosial yang dapat menimbulkan ancaman, tantangan, hambatan dan gangguan terhadap situasi keamanan dan ketertiban ditengah-tengah masyarakat,”

Wakil Bupati juga menyampaikan bahwa kita sekarang sudah berada pada tahun politik, untuk itu semua bertanggungjawab menjaga kondusifitas daerah, Negara dan Bangsa. Maka jika kita menemui adanya potensi konflik di tengah tengah masyarakat maka kita harus mengantisipasi sedini mungkin.

“Sikap saling menghargai satu dengan yang lain, wajib kita pupuk di tengah tengah masyarakat kita khususnya di wilayah kabupaten Nias utara, untuk menjaga Nias Utara tetap damai dan aman, serta mengajak semua masyarakat agar bersama-sama membangun Nias Utara demi terwujudnya Nias Utara yang Maju, Sejahtera dan Berkeadilan,” Pungkasnya.

Kegiatan rapat tersebut turur di hadiri Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Wakapolres Nias, Pabung Kodim 0213/Nias, Danposal Lahewa, Kasat Intelkam Polres Nias, Danramil Lahewa, Tuhemberua dan Alasa, Kapolsek Tuhemberua dan Lahewa, Kepala Perangkat Daerah Terkait dan FKDM Nias Utara.

( Serius Jaya Nazara )

By Admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You cannot copy content of this page